5 Pemain MU yang Perannya Belum Tergantikan di Era Premier League

Manchester United beberapa tahun terakhir mengalami penurunan performa. Bukti nyata, ‘Setan Merah’ kesulitan meraih gelar dan lolos ke Liga Champions.

Ada sejumlah faktor yang diduga kuat menjadi penyebab melempemnya MU. Mulai dari mundurnya Sir Alex Ferguson dari jabatan manajer karena pensiun, serta kehilangan para pemain penting di berbagai posisi.

Tercatat ada beberapa pemain andalan yang sampai kini perannya belum tergantikan sama sekali di skuat MU. Berikut lima di antaranya, seperti dikutup Sportkeeda.

5. Gary Neville

Dia bisa dibilang sebagai bek kanan terbaik yang pernah dimiliki MU. Neville adalah bagian dari skuat MU ketika sukses menyabet treble winners 1999 silam.

Punya catatan 400 penampilan, Neville memutuskan pensiun di MU pada 2011 silam. Dan sejak saat itu, lini kanan pertahanan tim yang bermarkas di Old Trafford itu selalu berlubang.

Sejumlah pemain sempat diproyeksikan menjadi pengganti Neville, mulai dari Rafael da Silva hingga Matteo Darmian. Tapi, mereka tetap belum tampil memuaskan. Malah kini MU sengaja memplot Antonio Valencia yang aslinya merupakan winger untuk menambal posisi yang ditinggalkan saudara kandung dari asisten pelatih Valencia, Philip Neville, itu.

4. Roy Keane

Dia adalah mantan kapten MU. Keane bermain sebagai gelandang bertahan. Dikenal sebagai sosok yang temperamen, namun peran pemain asal Irlandia Utara tersebut sangat vital.

Keane mampu menyeimbangkan permainan tim. Dia hengkang dari MU pada 2005 silam. Hingga sekarang belum ada pemain yang mampu menggantikan. Sempat memproyeksikan Darren Fletcher dan Owen Hargreaves, sayangnya kedua pemain tersebut malah tenggelam.

Michael Carrick sempat menambal kekosongan di lapangan tengah MU itu. Tapi, sekarang performanya juga sudah mulai tergerus usia.
3. Paul Scholes

Dia merupakan bagian dari Class 92 bersama David Beckham dan Gary Neville. Scholes bisa dibilang pemain kesayangan Ferguson. Dia memiliki visi bermain dan sentuhan magis layaknya penggawa Barcelona, Andres Iniesta.

Scholes sempat pensiun pada 2011, namun dia memutuskan kembali bermain di tengah musim. Dia baru benar-benar gantung sepatu pada 2013.

Karena kualitas luar biasa yang dimiliki Scholes, sampai sekarang MU belum menemukan penggantinya. Luka Modric, Claudio Marchisio hingga Christian Eriksen sempat dibidik. Cuma pemilik para pemain tersebut ogah melepas.

2. Nemanja Vidic

Dia merupakan kapten MU sebelum Rooney. Bersama Rio Ferdinand, pemain asal Serbia itu menjadi tembok kokoh di pertahanan selama bertahun-tahun.

Vidic hengkang dari MU pada 2014 silam. Dia memilih bergabung dengan klub Serie A, Inter Milan. Kala itu performanya juga sudah mulai menurun karena faktor usia.

Sepeninggal Vidic, MU tidak memiliki bek tangguh. Chris Smalling dan Phil Jones yang sempat disebut-sebut sebagai penerusnya masih belum mampu tampil memuaskan.

1. Cristiano Ronaldo

Dia meninggalkan MU pada 2009 menuju Real Madrid. Sampai sekarang tim yang sahamnya dipegang oleh pengusaha Amerika Serikat, Keluarga Glazer, belum menemukan sosok yang setara dengan Ronaldo.

Beberapa nama sempat diproyeksikan menjadi suksesor. Mulai dari Luis Nani, Antonio Valencia, Angel di Maria dan Memphis Depay. Tapi, semuanya berujung dengan kegagalan.