5 Pemain Termahal di Bursa Transfer Januari 2017

Bursa transfer musim dingin telah resmi ditutup pada 31 Januari malam waktu setempat. Beberapa pemain dilaporkan telah berganti klub.

Selama Januari ini, perpindahan para pemain top lebih banyak didominasi oleh para klub Tiongkok. Bahkan, klub-klub dari negeri Tirai Bambu itu rela merogoh kocek dalam-dalam demi menggaet pemain yang mereka inginkan.

Bahkan dari Tiongkok-lah, pembelian termahal pada bursa transfer Januari 2017 ini terjadi. Sosok yang dinobatkan sebagai pemain termahal jatuh ke tangan Oscar.

Pemain internasional Brasil lepas dari genggaman Chelsea untuk merapat ke Shanghai SIPG. Kehadiran Antonio Conte pada musim panas lalu menjadi mimpi buruk buat Oscar. Selama enam bulan ia hanya bermain selama 455 menit.

Untungnya ada tawaran menarik datang dari Shanghai SIPG yang berani menggelontorkan dana 60 juta poundsterling (Rp1 triliun) untuk menyelamatkan karier pemain berusia 25 tahun tersebut.

Sementara itu, pergerakan klub-klub Eropa cenderung lesu. Hanya Paris Saint-Germain (PSG) yang terbilang aktif dengan menggaet dua pemain (Julian Draxler dan Goncalo Guedes). Total Les Parisiens menggelontorkan dana hampir 60 juta Pounsterling untuk dua bintang tersebut.

Berikut 5 Pemain Termahal di Bursa Transfer Januari 2017:
1. Oscar (dari Chelsea ke Shanghai SIPG)
Seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya, Oscar menjadi pemain termahal pada transfer Januari ini. Faktor minimnya bermain di Chelsea menjadi alasannya ia menerima tawaran Shanghai Shanghai International Port Group (SIPG).

Di sana pemain bernama lengkap Oscar dos Santos Emboaba Júnior ini akan dilatih oleh André Villas-Boas, yang merupakan mantan pelatih Chelsea pada periode 2011–2012.

2. Julian Draxler (dari Wolfsburg ke Paris Saint Germain)
Draxler adalah salah satu pemain yang paling banyak dibicarakan akan hengkang ke Arsenal jelang bursa transfer Januari ini. Bahkan pelatih Gunners Arsene Wenger siap menggelontorkan dana sebesar 30 juta Poundsterling untuk memboyong pemain internasional Jerman.

Akan tetapi takdir berbicara beda, Draxler lebih memilih tawaran yang lebih menggiurkan dari Paris Saint-Germain dengan mahar 34 juta poundsterling.

3. Gabriel Jesus (dari Palmeiras ke Manchester City)

Telah lama Gabriel Jesus dikabarkan merapat ke Manchester City. Tepatnya sejak ia membela timnas Brasil U-23 pada Agusutus lalu. Tapi City baru bisa menggunakan jasa pemain yang baru berusia 19 tahun pada Januari ini.

Bahkan Jesus sudah melakukan debut bersama Citizens pada 21 Januari. Masuk sebagai pemain pengganti, ketika ditahan Spurs 2-2 dan mencetak assist saat Raheem Sterling pada kemenangan atas Crystal Palace 3-0 di Piala FA.

4. Goncalo Guedes (dari Benfica ke Paris Saint Germain)
Dijuluki the next Cristiano Ronaldo, Goncalo Guedes dikabarkan akan merapat bersama Manchester United. Sayang langkah Setan Merah keburu ditikung oleh PSG yang berani membayar pemain internasional Portugal itu dengan mahar 26 juta Poundsterling.

5. Dimitri Payet (dari West Ham United ke Marseille)
Enggan meneruskan karier bersama West Ham United, akhirnya Dimitri Payet pulang ke negerinya dengan bergabung bersama Olimpique Marseille. Klub Ligue 1 itu berani menggelontorkan dana 25 juta poundsterling demi memboyong Payet.

Keputusan pemain berusia 29 tahun itu bergabung dengan Marseille membuat pihak West Ham geram. Bahkan, mereka sudah kesal dengan sang pemain saat masih dalam proses negosiasi.