Apa itu dan Kapan Dimulai UEFA Nations League? Kompetisi Klub Sepak Bola Eropa

UEFA Nations League kembali menjadi perbincangan hangat di media sosial setelah Sky Sports, Kamis (26/1/2017), resmi menjadi pemegang hak siar seluruh pertandingan tim nasional Inggris dalam kompetisi tersebut. Lantas, apa itu UEFA Nations League dan seperti apa formatnya?

UEFA Nations League dibentuk demi meningkatkan kualitas tim nasional negara-negara Eropa serta seluruh pertandingan uji coba mereka. Proyek tersebut pertama kali dibahas dalam UEFA Strategy Meeting di Cyprus pada 2011.

Secara umum, UEFA Nations League akan diikuti 55 tim nasional Eropa yang bakal dibagi dalam empat divisi Liga (A, B, C, dan D). Pada edisi petama, UEFA bakal membagi Liga dengan berdasar peringkat UEFA per November 2017 hingga kualifikasi Piala Dunia 2018 berakhir.

Setiap divisi Liga nantinya akan kembali dibagi menjadi empat grup dengan masing-masing grup diisi tiga tim. Sistem promosi/degradasi digunakan setelah kualifikasi selesai. Empat tim akan degradasi dari Liga A ke B, B ke C, dan C ke D. Demikian sebaliknya berlaku mengenai format tim-tim yang bakal promosi.

Kapan UEFA Nations League berlangsung?

UEFA Nations League digelar setelah perhelatan Piala Dunia 2018. Babak kualifikasi keempat divisi Liga akan berlangsung pada periode September, Oktober, dan November 2018. Final Four kompetisi dijadwalkan berlangsung pada Juni 2019.

Dalam Final Four, keempat juara grup Liga A akan salling berhadapan dengan format sistem gugur (semifinal dan final) untuk memprebutkan gelar juara UEFA Nations League pada Juni 2019. Undian akan dilakukan untuk menentukan tim yang bakal bertanding di babak empat besar.

Pengaruh terhadap Kualifikasi Piala Eropa 2020?

Format UEFA Nations League akan menentukan juga tim yang bakal berkompetisi di ajang Piala Eropa 2020. Laga kualikasi akan berlangsung pada Maret 2019. Nantinya bakal ada lima grup yang diisi lima tim dan lima grup yang diisi enam tim (total 10 grup).

Dua tim teratas dari ke-10 grup tersebut akan otomatis lolos ke Piala Eropa. Sementara itu, empat tempat sisanya akan menjadi milik para pemenang babak play-off.

Total, sebanyak 16 tim akan bertanding pada play-off yang bakal berlangsung pada periode Juni 2020. Ke-16 tim tersebut akan masuk ke dalam empat grup. Setiap juara grup akan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Akhir dari pertandingan uji coba?

Secara umum, setiap tim yang mengisi Liga A, B, dan C, masih memiliki waktu kosong untuk menggelar pertandingan uji coba lain di luar jadwal UEFA Nations League. Hal tersebut dimaksudkan agar tim nasional dapat mempersiapkan diri menghadapi turnamen lainnya, seperti Piala Dunia.

Terkait dengan hal ini, dalam situs resminya, UEFA pun memberi penjelasan, “”Masih ada ruang untuk pertandingan uji coba, terutama saat menghadapi pertandingan putaran final. UEFA juga menilai, tim-tim Eropa masih berkesempatan bertanding melawan tim dari konfederasi lain.”