Bayern Munich Kebingungan Mencari Penerus Robben dan Ribery

Kabarnya Bayern Munich mulai bersiap untuk lepas dari dua pemain kuncinya yaitu Arjen Robben dan Franck Ribery. Robben dan Ribery sudah memasuki usia yang tidak muda lagi untuk ukuran pesepakbola.

Robben saat ini sudah 32 tahun dan menjalani musim kedelapan di Bayern, sementara Ribery satu tahun lebih tua dan musim ini adalah musimnya yang ke-10 di tim kota Munich tersebut. Keduanya sudah menjadi sosok kunci sukses Bayern dalam beberapa musim terakhir.

Eks pelatih Bayern Ottmar Hitzfeld menyebut dua pemain kelas dunia ini sudah memberikan dimensi ekstra di lapangan. “Keduanya adalah penyerang kelas dunia. Mereka selalu punya solusi di lapangan dan hasrat mereka untuk terus bermain itu impresif,” ujarnya kepada TZ.

“Talenta saja tidaklah cukup untuk menjadi pemain kelas dunia. Bayern harus bangga bisa mempunyai mereka di tim,” imbuh Hitzfeld dikutip Soccerway.

Dengan Robben dan Ribery yang sudah tak muda lagi, Bayern telah mempersiapkan pengganti untuk keduanya. Douglas Costa dan Kingsley Coman diyakini akan jadi suksesor untuk dua pemain tersebut.

Hitzfeld menilai mendapatkan pemain selevel Robben dan Ribery akan sangat sulit. Oleh karena itu, jalan terbaik adalah mematangkan pemain-pemain dengan talenta cemerlang seperti Costa dan Coman di sekitar Robben dan Ribery.

“Bayern sudah bersiap untuk masa depan, tapi Robben dan Ribery adalah jaminan starter ketika mereka fit. Anda tak bisa menggantikan pemain-pemain seperti mereka dari satu hari ke hari lainnya,” sambung Hitzfeld.

“Mereka tidak cuma pemain top, tapi juga ada di level lain. Jadi strateginya haruslah pelan-pelan menumbuhkan pemain-pemain di belakang mereka.”

“Pemain-pemain seperti Douglas Costa dan Kingsley Coman sudah bermain reguler. Mereka bakal harus menaikkan level secara signifikan.”

“Mereka didatangkan untuk tumbuh di Bayern. Tapi Anda tidak bisa mengharapkan mereka untuk bisa langsung berada di level yang sama dengan Robben dan Ribery,” demikian pelatih Bayern selama tujuh tahun ini.