Bursa Transfer Pemain Barcelona Nyesal Telah Lepas 5 Pemain

Pemain Barcelona

Bursa Transfer Pemain

Berita pindahnya Neymar ke PSG ini telah membuat Barcelona turut sedih karena Neymar yang direkrut pada tahun 2013 dimaksudkan untuk menggantikan Lionel Messi suatu saat nanti. Pada musim 2016/2017, Messi bermain lebih kedalam dan Neymar sebagai penyerang. Namun impian Barcelona itu musnah karena PSG bersedia menebus Neymar.

Transfer ini sangat menyakitkan untuk Barcelona. Dan ini bukan pertama kalinya Barcelona mengalaminya. Berikut lima penjualan pemain yang membuat Barcelona menyesal.

1. Michael Laudrup

Michael Laudrup saat bermain di Barcelona
Michael Laudrup saat bermain di Barcelona

Saat Neymar datang ke Barcelona, Johan Cruyff pernah mengatakan bahwa tidak bisa memiliki dua kapten dalam kapal yang sama dan dia mengatakan hal tersebut karena sudah pernah mengalaminya. Saat melatih di Barcelona, akibat tiga pemain asing dan kehadiran Romario, Ronald Koeman dan Hristo Stoichkov, Cyuff sering menaruh Michael Laudrup di bangku cadangan.

Karena itu, Laudrup akhirnya memutuskan untuk pindah ke klub rival Real Madrid. Disana Laudrup mengerahkan semua amarahnya dengan membantu Los Blancos memenangkan La Liga, dengan mengalahkan Barcelona 5 – 0 dan mengakhiri rentetan empat gelar Blaugrana secara beruntun.

Laudrup setelah itu memudan dan meninggalkan Madrid setahun kemudian setelah gagal mempertahankan gelar liga. Setelah kesulitan selama hampir setengah dekade, Barcelona akhirnya kembali ke performa terbaiknya di bawah Louis van Gaal.

2. Ronaldo

Ronaldo saat bermain di Barcelona
Ronaldo saat bermain di Barcelona

Ronalo memang ditakdirkan sebagai pemain terhebat dalam sejarah. Saat bergabung di Barcelona pada usia 20 tahun, Ronaldo mampu mengacak-acak pertahanan di La Liga. Ia pindah ke Inter Milan setelah satu tahun di Catalunya. Barcelona merasa hancur karena Ronaldo di proyeksikan sebagai permata baru di klub setelah era Johan Cruyff.

Beruntung bagi Barca, mereka membeli Luis Figo peran yang lebih penting dan berinvestasi secara bijak dengan Patrick Kluivert. Dengan ditangani oleh Louis van Gaal, Blaugrana memenangkan gelar La Liga berturut-turut untuk menutup milenium sedangkan Ronaldo menghabiskan waktunya di Italia dengan cedera. Tidak mungkin penggemar Barca tidak menyesali transfer ini dan apa yang bakal terjadi jika Ronaldo tidak pergi.

3. Luis Figo

Luis Figo saat membela Barcelona
Luis Figo saat membela Barcelona

Figo yang merupakan kapten dari Barcelona dan pemain terbaik di klub. Ia memutuskan untuk pindah ke klub rival Real Madrid tanpa alasan. Setidaknya Michael Laudrup bisa dimengerti karena Cruyff sangat kejam kepada dirinya.

Barcelona juara bertahan La Liga dan Copa saat Figo bergabung dengan Madrid. Mereka tidak memenangkan trofi selama setengah dekade setelah kepindahan Figo. Mereka putus asa dan kesulitan bangkit. Butuh Presiden baru, pelatih baru dan pemain Brasil ajaib untuk menghidupkan kembali Barcelona.

4. Samuel Eto’o

Samuel Eto'o disaat membela klub Barcelona
Samuel Eto’o disaat membela klub Barcelona

Samuel Eto’o dulu adalah striker terbaik di dunia. Kedatangannya berhasil mendongkrak Barcelona. Meski sempat cedera, Eto’o berhasil membantu Pep Guardiola meraih treble pada musim 2008/09. Tetapi Barca justru memilih untuk menjual sang pemain di musim panas.

Keputusan itu sangat disesali oleh Barcelona. Eto’o sangat brilian untuk Inter dan sangat penting saat mengantarkan mereka memenangkan treble pada 2009/10. Ini juga termasuk saat menyingkirkan Blaugrana di semifinal Liga Champions.

Barcelona bisa pulih kembali setelah merekrut David Villa dan merebut kembali Liga Champions pada 2010/11. Namun dengan melepas Eto’o, Blaugrana menghancurkan peluang mereka untuk mempertahankan Liga Champions saat menjadi tim terbaik di dunia.

5. Thiago Alcantara

Thiago Alcantara saat bermain di Barcelona
Thiago Alcantara saat bermain di Barcelona

Pada saat Thiago dan Cesc Fabregas mengeluh minimnya menit bermain di lapangan, Sandro Rosell memihak mantan pemain Arsenal dan Thiago harus pergi. Cesc kemudiam mengalami nasib yang sama setelah dilepas Luis Enrique setahun kemudian. Tapi keputusan melepas Thiago di anggap sangat buruk karena ia adalah masa depan Barcelona.

Sang pemain ditakdirkan untuk ambil alih posisi Xavi saat gelandang terbaik sepanjang masa itu memudar. Saat Xavi meninggalkan klub, Luis Enrique berusaha menggantikannya dengan pemain lain. Meski mampu meraih treble dengan fokus serangan trio MSN, ketidakmampuan Barca memperkuat lini tengah berbuah petaka.

Andres Iniesta kini sudah dimakan usia dan sekarang sudah berjalan empat tahun sejak Thiago pergi dan mereka belum menemukan penggantinya. Mungkin Barcelona harus menghabiskan seluruh uang penjualan Neymar untuk memperkuat lini tengahnya.