Dampak Positif dan Negatif Pengunduran Jadwal Liga 1 Indonesia

Salah satu pemain andalan PS TNI, Wawan Febrianto, mengomentari wacana mundurnya kick-off Liga 1 2017. Menurut Wawan bila jadwal kick-off Liga 1 benar-benar diundur, hal itu akan mendatangkan sisi negatif dan positif bagi tim-tim kontestan.

Kabar kick-off Liga 1 akan mundur dari rencana semula, 26 Maret 2017, sudah ramai terdengar kendati PSSI belum mengeluarkan rilis resmi terkait kabar tersebut. Sekjen PSSI, Ade Welington, hanya mengungkapkan bila pun kick-off mundur, dipastikan tidak akan melewati bulan April.

“Tentu kalau mundur ya bisa berdampak positif dan negatif bagi tim. Mungkin negatifnya bagi tim yang sudah siap, harus memperpanjang waktu persiapan padahal mereka sudah siap bermain. Nah positifnya, bagi tim yang belum siap bisa mencari tambahan pemain dan mematangkan persiapan,” kata Wawan Febrianto.

Bagi PS TNI, menurut Wawan, pemunduran jadwal kick-off bisa berdampak positif. Hal itu tidak terlepas dari kegagalan mereka di Piala Presiden yang lalu.

Menurut pemain yang pernah bermain bersama Pelita bandung Raya ini, waktu yang tersisa bisa dipakai untuk mematangkan permainan karena permainan The Army di Piala Presiden masih banyak kekurangan di berbagai lini.

“Tentunya bisa mencari pemain asing yang lebih bagus lagi, tajam, dan bisa memberikan kontribusi baik bagi tim. Saya berharap di Liga 1 nanti, PS TNI benar-benar tampil maksimal seperti pertama kali muncul,” tuturnya.

Seperti diketahui, PS TNI menorehkan kejutan saat tampil di Piala Jenderal Sudirman pada 2015. Ketika itu PS TNI mampu menarik perhatian publik sepak bola di Tanah Air berkat aksi-aksi dan permainan yang ditampilkan. Namun, prestasi menurun diperlihatkan saat mengikuti Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo yang merupakan turnamen jangka panjang.