Final Copa del Rey Barca vs Alaves Akan Dilangsungkan di Markas Atletico Madrid

Teka-teki, perdebatan dan kontroversi seputar venue final Copa del Rey akhirnya berakhir sudah. Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) sudah menggelar pertemuan khusus untuk membahas venue pertandingan itu, mereka akhirnya memutuskan untuk menggelarnya di Estadio Vicente Calderon.

Pertandingan final Copa del Rey musim ini mempertemukan Barcelona melawan Deportivo Alaves. Laga itu akan digelar pada 27 mei mendatang. Seperti biasa, kedua tim finalis diberikan kesempatan untuk memilih stadion netral yang akan dipakai untuk laga final itu nantinya.

Dari beberapa nama yang diajukan itu, ada sebagian yang menimbulkan kontroversi. keinginan Barcelona untuk mengangkat trofi di Santiago Bernabeu, kandang Real Madrid, menimbulkan perdebatan. Pihak Madrid pun langsung menegaskan penolakan mereka dengan ide itu karena stadion akan direnovasi pada saat final digelar.

Alaves menginginkan pertandingan digelar di San Mames. Alasannya sederhana saja, mereka jarang masuk final dan ingin fans mereka bisa nyaman datang ke stadion. Sebagai sesama tim asal basque, San Mames akan menjadi venue ideal mengingat tak ada rivalitas antara Alaves dengan Atheltic Bilbao. Namun rencana itu akhirnya harus batal karena stadion sudah terlanjur dibooking untuk konser Guns N ‘Roses.

Barca dan Alaves juga mengusulkan Calderon. Namun rencana ini sempat mendapatkan penolakan dari fans Atletico Madrid. Bukan karena rivalitas atau semacamnya, fans Atleti cuma tidak rela pertandingan terakhir di Calderon digelar bukan untuk Atleti.

Stadion baru Atletico sudah hampir selesai dibangun dan akan bisa dipakai musim depan. Calderon rencananya akan dihancurkan dan fans Atleti ingin tim mereka yang menjadi yang terakhir bermain di sana. Sepertinya pihak RFEF dan Atleti sudah menemukan jalan tengah.

Kabarnya, Atleti akan menggelar pertandingan perpisahan dengan Calderon sebelum stadion itu diruntuhkan. Atleti mungkin akan mengundang klub tertentu untuk menggelar momen istimewa yang kemungkinan akan dilangsungkan pada pramusim itu.

Musim lalu pertandingan final Copa juga digelar di Calderon. Laga itu dimenangkan oleh Barcelona yang menghadapi Sevilla di partai final.