Kontroversi Wasit di Laga-Laga Barcelona

Laga-laga Barcelona kerap ternoda karena kesalahan wasit sepanjang 2017. Media asal Kota Madrid, Marca dan AS, pun menyoroti hal itu.

Namun, Barca tidak melulu dituntungkan dengan keteledoran wasit tersebut. Terkadang Lionel Messi dkk. juga dibuat rugi karena itu. Berikut keputusan-keputusan kontroversial di laga Barcelona:

Gol Griezmann Dianulir

Kontroversi keputusan wasit terjadi ketika gol penyerang Atletico, Antoine Griezmann,  ke gawang Barca pada menit ke-58 dalam leg kedua semifinal Copa del Rey di Camp Nou, Rabu (8/2/2017) dini hari WIB, dianulir karena dinilai dalam posisi offside. Namun dalam tayangan ulang, gol itu terlihat tidak dalam kondisi off-side dan seharusnya bisa menjadi penyama kedudukan 1-1.

Penalti di San Mames

Sejumlah keputusan kontroversial dibuat wasit Fernandez Borbolan ketika Barca bertandang ke markas Athletic Bilbao, San Mames, pada leg pertama babak 16 besar Copa del Rey, 5 Januari 2017 lalu. Pemain Bilbao tidak mendapat sanksi berat meski terlihat mencekik bek Barca, Samuel Umtiti. Pelanggaran berat yang dialami Neymar di kota penalti Bilbao juga tidak berujung hadiah penalti bagi raksasa Catalan.

Handball Bruno

Barca kembali gagal mendapat penalti. Kali ini, terjadi saat bola sepakan mendatar Lionel Messi mengenai tangan pemain Villarreal, Bruno, yang mencoba mengeblok di kotak terlarang pada pertandingan, di Villarreal, 8 Januari 2017 lalu.

Messi Lolos Kartu Kuning

Wasit Spanyol lagi-lagi menjadi sorotan ketika Barca kembali bertemu Bilbao. Kali ini, Bilbao yang dirugikan ketika melawat ke Camp Nou, 4 Februari 2017 lalu. Pemain Barca, Lionel Messi, beruntung tak mendapat kartu kuning kedua meski terlihat mengalangi pemain Bilbao, Illaramendi. Tapi keputusan kali ini, sepertinya tidak akan berdampak krusial pada hasil, karena Barca toh menang telak 3-0.

Gol Hantu

Bola defleksi yang berawal dari umpan crossing pemain Barca, Aleix Vidal, salah diantisipasi pemain Real Betis. Bola itu pun meluncur dan melewati garis gawang Betis hampir satu meter, sebelum disapu Aissa Mandi. Namun gol dianulir.