Lionel Messi Masih Jadi Raja Tendangan Bebas

Lionel Messi terus menunjukkan kepiawaiannya dalam melakukan eksekusi tendangan bebas. Golnya ke gawang Athletic Bilbao di pertandingan La Liga, Sabtu (4/2), menobatkannya sebagai “Raja Tendangan Bebas” sepanjang sejarah Barcelona.

Menjamu Los Leones di Stadion Camp Nou, Barcelona menang tiga gol tanpa balas. Dua gol diciptakan di babak pertama lewat Paco Alcacer dan Messi, sementara satu gol tambahan diciptakan oleh Aleix Vidal di babak kedua.

Alcacer mencetak gol pada menit ke-18 memanfaatkan assist Neymar. Sementara Messi mencetak gol pada menit ke-40, lewat tendangan bebas sensasional. Dari sudut sangat sulit, sisi kanan pertahanan Bilbao, ia mengirim tembakan yang harusnya bisa ditangkap oleh kiper Bilbao, Gorka Iraizoz. Tapi bola liar justru bergulir masuk ke gawang.

Kemenangan 3-0 ini terasa penting bagi Barcelona demi menjaga persaingan dengan Real Madrid yang saat ini masih bercokol di puncak klasemen dan memiliki satu laga tersisa. Tapi lebih penting untuk Messi karena gol ke gawang Bilbao dari eksekusi tendangan bebas membuatnya jadi pemain Barcelona dengan jumlah gol free kick terbanyak.

Menurut catatan Foxsports, Messi telah mencetak 27 gol melalui eksekusi tendangan bebas sepanjang kariernya bersama tim senior Barcelona. Ia melewati pencapaian 26 gol tendangan bebas yang dibukukan oleh legenda klub, Ronald Koeman, yang sudah bertahan selama dua dekade.

Gol ke gawang Bilbao itu juga membuat Messi total sudah membukukan empat gol sepakan bebas langsung pada musim 2016/17, atau hanya kalah dari rekornya di tahun 2012 dengan 5 gol. Dari empat gol itu, tiga di antaranya dibuat ke gawang Bilbao.

Sebelumnya Messi mencetak gol tendangan bebas saat Barca dikalahkan Bilbao 2-1 di leg pertama babak 16 besar Copa del Rey. Kemudian Messi juga mencetak satu gol lagi dari free kick di leg kedua 16 besar kompetisi yang sama, gol yang membuat skor 3-1 dan mengantar Barca lolos ke perempat final.

Tambahan satu gol tendangan bebas ini juga membuat Messi kini unggul dari Cristiano Ronaldo. Awalnya, kedua bintang ini sama-sama mengemas tiga gol tendangan bebas sepanjang musim ini. Ronaldo punya persentase yang lebih baik karena membukukan 3 gol itu dari 25 kesempatan sementara Messi tiga dari 27 kesempatan. Tapi kini CR7 lah yang harus mengejar satu gol dari free kick untuk menyamai catatan Messi.

Gol tendangan bebas Messi itu sendiri merupakan gol ke-99 Barcelona di semua kompetisi musim ini. Aleix Vidal kemudian melengkapinya menjadi 100 lewat golnya pada menit ke-67. Mendapatkan umpan langsung Ivan Rakitic dari lini belakang, bek Blaugrana itu merangsek hingga ke jantung pertahanan Bilbao. Vidal kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kirinya ke gawang Gorka Iraizoz dan bola bersarang di sisi kiri gawang.

Meski menang tiga gol tanpa balas, pelatih Barcelona, Luis Enrique menyebut kemenangan ini diraih dengan tidak mudah. Enrique mengakui Bilbao memberi perlawanan yang menyulitkan timnya. ”Tidak akan pernah mudah pertandingan melawan Athletic, terlepas dari hasilnya. Apakah laganya di San Mames atau Camp Nou, ketika mereka menguasai bola mereka membuat kami mengejarnya, mereka adalah sebuah tim yang sulit,” kata Enrique di situs resmi Barca.

Statistik ESPN mencatat, tim tuan rumah memiliki 54 persen penguasaan bola untuk melahirkan 16 percobaan (6 on target). Sedangkan Bilbao membuat 10 percobaan (5 on target). Kendati kalah, Bilbao sempat menciptakan sejumlah peluang berbahaya. Raul Garcia nyaris membawa Bilbao memimpin di awal pertandingan ketika tembakannya dari sudut sempit diselamatkan Marc-Andre Ter Stegen. Lalu sundulan dari Inaki Williams dari jarak dekat.

”Kami menciptakan banyak peluang untuk memenangi pertandingan, bahkan mungkin skornya sedikit berlebihan mengingat banyaknya kesulitan yang mereka berikan untuk kami. Tapi kami memperlihatkan sikap dan karakter yang baik, bahkan di saat mereka menempatkan kami dalam tekanan besar,” kata Enrique.