Lionel Messi Superstar Sepakbola, Berikut Fakta-Faktanya yang Harus Anda Ketahui

Lionel Messi gagal memenangkan Ballon d’Or keenam di tahun 2016, kalah dari rival beratnya Cristiano Ronaldo. Tetapi, legenda Barcelona ini masih di jalur salah satu yang terbaik di dunia, bahkan mungkin yang terbaik di sejarah sepakbola. Berikut beberapa hal yang kami ketahui tentang bintang Argentina ini.

Siapa Messi?

Dia lahir di Rosario (Argentina), tetapi pindah ke Barcelona pada usia 13 setelah dia didiagnosa kekurangan hormon pertumbuhan. Dia mengesankan di klub Argentina, Newell’s Old Boys sejak 6 tahun, tetapi penyakit membuat dia harus membuat keputusan penting demi masa depannya.

Saat itu keluarganya tidak mampu untuk membayar pengobatan Messi karena butuh 900 USD per bulan (sekitar Rp12 juta). River Plate pernah tertarik padanya, tetapi untuk mengobatinya tampaknya mereka enggan dan beruntung Barcelona datang dan siap memberi pengobatan padanya.

Messi kemudian mendapat kontrak pertamanya dengan Barcelona melalui serbet yang diberikan Carles Rexach – sekarang kontraknya ada di museum Barca. Tetapi, Messi melewati awal yang sulit di Catalan karena alasan birokrasi pada bulan pertama tidak bisa bermain, ibu, adik perempuannya harus kembali ke Rosario meninggalkan dia bersama ayahnya, Jorge Messi. Messi kecil tidak menyerah, maju melewati level demi level sampai pada musim 2003-2004 dia debut pada laga persahabatan melawan Porto. Kemudian debut laga resmi saat derby melawan Epanyol. Tetapi, dia perlu satu tahun untuk dari debut untuk mencetak gol pertamanya saat melawan Albacete. Sejak saat itu dia langsung dibanding-bandingkan dengan Maradona.

Kini dia sudah memenangkan Lima Ballon d’Or, trofi besar untuk Barcelona termasuk empat Liga Champions, delapan gelar La Liga, empat Copa del Rey, tiga Piala Super Eropa dan tiga Piala Dunia Antarklub.

Catatan-catatan penting di karier Messi

  • Messi mencetak gol pertamanya untuk Barcelona saat menang 2-0 melawan Albacete pada musim 2004-2005, saat itu dia baru 17 tahun, 10 bulan 7 hari.
  • Dia mencetak salah satu gol paling indah dalam sejarah pada tahun 2007 melawan Getafe, meniru gol Maradona melawan Inggris di perempatfinal Piala Dunia 1986.
  • Messi merasa gol terbaiknya saat melawan Manchester United di Liga Champions 2009, saat itu dia mencetak gol lewat sundulan
  • Dia mencetak 91 gol pada tahun 2012, mengalahkan catatan gol Gerd Müller (85 gol untuk Bayern Munchen dan Jerman pada tahun 1972)
  • Musim paling produktif Messi adalah pada tahun 2011-2012, dia mencetak total 82 gol, 73 gol dari 60 pertandingan untuk Barcelona dan sembilan gol dari sembilan laga untuk Argentina.
  • Dia menjadi top skorer Argentina setelah mencetak gol tendangan bebas di semifinal Copa Amerika 2016 melawan Amerika Serikat, melewati catatan Gabriel Batistuta
  • Pada Januari 2016, Messi menjadi satu-satunya pemain di dunia yang memenangkan lima Ballon d’Or

Berapa banyak pendapatan Messi dan kapan kontraknya di Barcelona berakhir?

Messi menandatangani kontrak ketujuh di Barcelona pada Mei 2014, dia menandatangani kontrak hingga 2018 saat itu. Barcelona tidak mengumumkan ketentuan-ketentuan dari kesepakatan tersebut, tetapi dikabarkan gajinya senilai 20 juta Euro (sekitar Rp284 miliar) per tahun plus bonus-bonus. Selanjutnya, klausul rilis ditetapkan senilai 250 juta Euro (sekitar Rp3,54 triliun).

Siapa yang mensponsori Messi?

Messi adalah salah satu pemain dengan bayaran tertinggi di dunia karena kontraknya dengan Barcelona, tetapi dia juga punya kesepakatan endorsement seperti dari Adidas, Pepsi, Gillette, Tata, Huawei, Konami, Audemars Piguet and AirEuropa.

Pada Februari, bintang Barcelona ini mengumumkan kesepakatan seumur hidup baru untuk menjadi ikon Adidas.

Kenapa Messi pensiun dan kemudian kembali lagi?

Messi memutuskan pensiun usai Argentina kalah di final Copa America Centanario 2016 melawan Chile. Ini laga final ketiga Argentina setelah Piala Dunia 2014 dan Copa Amerika Edisi 2015. Tekanan fans Argentina tertuju padanya. Alasannya? Banyak fans Argentina yang tidak suka dengan pemain yang tidak tumbuh di Argentina dan ekspektasi mereka kepada Messi begitu tinggi, jadi mereka butuh kambing hitam yang patut disalahkan.

Tetapi, setelah dibujuk Edgardo Bauza, Messi kembali dan dia mencetak gol kemenangan pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 Uruguay.

Mengapa Messi dituntut 21 bulan penjara?

Messi dan ayahnya dituntut 21 bulan penjara pada 2016 karena penggelapan pajak. Di pengadilan mereka dianggap sudah menghindari pajak 4,1 juta Euro (sekitar Rp61 miliar) dari keuntungan bintang Barcelona ini. Pengadilan Spanyol menganggap Messi menggunakan perusahaan off-shore (perusahaan bebas pajak) yang ada di Belize dan Uruguay antara tahun 2007 hingga 2009.

Namun, di Spanyol untuk hukuman di bawah dua tahun selain kasus pidana seperti pembunuhan, perampokan, penipuan dan lainnya bisa diganti dengan denda, jadi Messi dan ayahnya tidak perlu mendekap di balik jeruji besi.