Luis Mila Belum Melatih, Peringkat Indonesia Naik Dari 173 ke 169

Masa awal era Luis Milla di Timnas Indonesia diiringi momentum apik. Pada Kamis (9/2/2017), bersamaan dengan konferensi pers yang digelar PSSI di Jakarta dengan menghadirkan Luis Milla serta Indra Sjafri dan Fachri Husaini, ranking Indonesia di FIFA mengalami perbaikan.

Pada Kamis ini, sesuai ranking FIFA terbaru per Kamis (9/2/2017) yang termuat di situs resmi FIFA, peringkat Indonesia di FIFA mengalami perbaikan sebanyak empat tingkat. Indonesia kini ada di urutan ke-169 dari peringkat bulan lalu, 173.

Lonjakan empat tingkat itu jadi yang tertinggi kedua di antara negara anggota FIFA di kawasan Asia Tenggara. Brunei Darussalam jadi negara dengan perbaikan peringkat terbaik di ASEAN pada bulan ini, dengan naik sebanyak lima tingkat, ke posisi 184 dunia.

Negara ASEAN lain yang juga mengalami perbaikan ranking di FIFA adalah Singapura, yang hanya naik satu tingkat ke ranking 164.

Sementara mayoritas negara di ASEAN tidak mengalami perubahan alias stagnan. Mereka yang ranking di FIFA pada bulan ini tidak mengalami perubahan dari Januari 2017 adalah Filipina (ranking ke-122), Vietnam (136), Myanmar (159), dan Laos (167).

Namun, ada pula negara tetangga yang harus turun peringkat per Februari ini, yakni Thailand dan Malaysia yang masing-masing turun satu setrip ke urutan 127 dan 162, serta Kamboja yang ada di posisi ke-175 lantaran turun tiga setrip pada bulan ini.

Bagi Indonesia, perbaikan peringkat ini tentu diharapkan terus terjadi terutama setelah PSSI meresmikan tiga pelatih yang masing-masing akan bertugas di Timnas Indonesia senior dan U-22 (Luis Milla), Timnas U-19 (Indra Sjafri), dan Timnas U-16 (Fachri Husaini).

Meski bukan satu-satunya acuan prestasi, ranking FIFA kerap jadi alat mengukur kekuatan timnas sebuah negara. Itulah mengapa, semakin apik ranking satu negara di FIFA, timnas negara bersangkutan dinilai kuat.

Di bagian 10 besar dunia, pergeseran terjadi di peringkat 6 dan 7. Prancis yang bulan lalu ada di urutan ke-7, pada bulan ini naik satu setrip ke peringkat 6 sementara Kolombia turun ke peringkat 7.

Sementara Argentina, Brasil, Jerman, Cile, dan Belgia tidak beranjak dari posisi bulan lalu, di ranking pertama hingga kelima. Ranking FIFA selanjutnya akan dikeluarkan pada 9 Maret 2017.