Mitra Kukar Resmi Gaet Eks Bintang Liverpool, Juventus dan PSG

Liga Indonesia kembali kedatangan pemain kelas dunia (marquee player). Mitra Kukar berhasil mendatangkan Mohamed Sissoko, yang pernah memperkuat Liverpool, Juventus, Valencia, dan Paris Saint-Germain.

Proses tanda tangan kontrak Mitra Kukar dengan mantan pemain timnas Mali berusia 32 tahun itu dipamerkan Direktur Operasional Mitra Kukar, Suwanto, lewat akun instagramnya. Ia memposting foto dengan geotagging Hampton Park Apartment, Jakarta, pada 13 April. Dalam foto tampak dia duduk semeja dengan Sissoko. “Ini saudara q saudara kamu mana…?” demikian Suwanto memberi keterangan foto itu.

Netizen yang sebelumnya sudah mendengar rumor akan kedatangan gelandang bertahan itu langsung menyampaikan antusiasmenya dalam komentar di postingan itu. “Wah kelas,” kata pemilik akun Yoganugraha95. Sedangkan Janwarchepy menulis, “Wuedannn….Makin keren nih liga….”

Sissoko menjadi pemain bintang dunia kelima yang akan berlaga di Liga 1. Sebelumnya Persib sudah merekrut Michael Essien dan Carlton Cole. Sedangkan Madura United punya Peter Odemwingie. Pusamania Borneo FC juga mendatangkan Shane Smeltz, penyerang timnas Selandia Baru.

Lalu, siapa Sissoko? Ia adalah salah satu gelandang bertahan yang pernah malang melintang di klub terkemuka Eropa. Ia pernah tampil 63 kali untuk Valencia ( 2003–2005), bermain 84 kali dan menyumbang 1 gol buat Liverpool (2005–2008) memperkuat Juventus 100 kali (2008–2011), dan mencoba peruntungan di Paris Saint-Germain (2011–2013).

Ia sempat berkelana ke Levente, Shanghai Senhua, Pune City. Klub terakhirnya berasal dari divisi 2 Italia (Seri B), Ternama. Ia dikontrak enam bulan tapi hanya bertahan selama 25 hari dan memilih hengkang 12 Maret lalu.

Sissoko lahir di Prancis, tapi memilih membela timnas tanah leluhurnya, Mali. Ia tampil 34 kali dan menyumbang dua gol. Ia ikut membela timnya di dua kualifikasi Piala Dunia (2006 dan 2010) serta di sejumlah turnamen Piala Afrika. Ia ikut membawa Mali finis keempat di Piala Afrika 2006 dan meraih posisi ketiga di Piala Afrika 2013.