Pelatih Juventus, Allegri Mantap Gunakan Formasi 4-2-3-1

Massimiliano Allegri merasa puas dengan perubahan formasi yang sudah dilakukan bersama dengan Juventus. Sang pelatih Bianconeri bahkan kini berencana untuk mematenkan formasi 4-2-3-1 yang belakangan membuat Juve tampil solid.

Pada awal musim, Allegri punya dua formasi andalan yang diterapkan di Juve. Formasi tersebut yakni 3-5-2 dan juga 4-4-2. Dengan dua formasi tersebut, Allegri sudah mampu mempersembahkan dua gelar scudetto untuk klub asal Turin.

Namun, formasi Allegri mulai berubah pada musim 2016/17 ini. Bermula dari penampilan tidak konsisten Juve pada putaran pertama, eks pelatih AC Milan ini kemudian mengubah formasi menjadi 4-2-3-1. Selain itu, formasi ini juga dipakai untuk memaksimalkan potensi para penyerang seperti Mario Mandzukic, Gonzalo Higuain dan Paulo Dybala.

“Saya berharap seperti itu [jadi formasi permanen]. Karena perubahan adalah hal baru dan telah membawa sesuatu yang baru. Kami juga mendapatkan hasil yang bagus dan itu memberikan sebuah kepastian,” urai Allegri.

Allegri mengaku puas dengan perubahan yang dilakukan di Juventus. Meski begitu, ia merasa bahwa penampilan Miralem Pjanic dan kolega masih belum maksimal. Allegri yakin bahwa anak asuhnya masih bisa menampilkan aksi yang lebih baik lagi.

“Kita harus terus meningkatkan permainan kami. Dalam sepakbola, Anda belum tentu bisa bertahan dengan baik dan kebobolan lebih sedikit meski memiliki delapan pemain belakang. Sepakbola lebih ke arah keseimbangan dan pengorbanan satu sama lain,” terangnya.