Pemain yang Paling Banyak Jebol Gawang Tim Lawan Dalam Sejarah La Liga

Salah satu cara untuk menilai kehebatan seorang pemain sepakbola adalah dengan melihat statistik yang dimilikinya. Pemain yang mempunyai statistik luar biasa tentu saja pantas disebut yang terbaik.

Salah satu statistik yang terlihat sangat nyata adalah catatan gol yang dicetak seorang pemain ke gawang lawan-lawannya. La Liga ternyata telah banyak menghasilkan predator hebat yang pernah membobol banyak tim lawan.

Berikut ini adalah pemain yang paling banyak membobol tim lawan dalam sejarah La Liga.

5. Raul Tamudo (33)

Raul Tamudo dianggap sebagai legenda Espanyol. Ia bermain di kasta tertinggi Spanyol selama 17 musim dan memainkan 407 pertandingan. Sang striker adalah kapten Espanyol selama hampir satu dekade dan memenangkan dua trofi Copa del Rey di sana.

Tamudo mampu mencetak 146 gol di La Liga selama karirnya. Sejak menjadi pemain reguler di Pericos pada musim 1999-2000, ia tidak pernah mencetak gol hanya satu digit di liga selama sembilan musim beruntun.

Tamudo juga menyandang status sebagai pencetak gol terbanyak klub dengan 140 gol di semua kompetisi. Tamudo sudah mencetak gol melawan 33 tim yang berbeda termasuk Real Madrid dan Barcelona di La Liga.

4. Hugo Sanchez (33)

Hugo Sanchez pernah bermain untuk dua tim besar La Liga seperti Atletico Madrid dan Real Madrid. Ia bahkan juga sempat bermain untuk Rayo Vallecano di penghujung karirnya.

Namun, pemain Meksiko ini meraih kesuksesan besar ketika memperkuat Real Madrid pada 1985 hingga 1992. Sanchez mencetak 154 gol selama bermain untuk Real Madrid dan berada di urutan keenam sebagai pencetak gol terbanyak dalam sepanjang sejarah Madrid.

Dalam sepanjang karirnya, Sanchez mengoleksi 234 gol di La Liga yang membuat namanya menjadi pencetak gol terbanyak keempat di kompetisi teratas Spanyol. Sama seperti Tamudo, Sanchez juga sudah membobol gawang 33 tim yang berbeda di La Liga.

3. Julio Salinas (34)

Mantan stiker Spanyol tersebut pernah memperkuat Athletic Bilbao, Atletico Madrid, dan Barcelona. Lalu saat pengujung karirnya, ia memperkuat Deportivo La Coruna, Sporting Gijon, dan Alaves. Namun, namanya sangat terkenal saat membela Barcelona.

Selama berkarier di kasta tertinggi Spanyol, Salinas mencatat 152 gol dari 417 penampilan. Di Barcelona, Salinas tercatat melesakkan 60 gol dalam 146 penampilan.

Salinas juga berhasil membantu El Barca meraih empat gelar La Liga secara beruntun dan satu trofi Piala Champions. Salinas mencetak banyak gol penting dalam sepanjang karirnya dan ia sudah mencetak gol melawan 34 tim yang berbeda di La Liga.

2. Raul Gonzalez (35)

Raul adalah legenda dan pahlawan Real Madrid. Dianggap sebagai salah satu pemain terbaik Spanyol, Raul adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah Madrid sebelum dipecahkan Cristiano Ronaldo.

Dalam 550 penampilan di liga untuk Los Blancos, Raul mampu mencetak 228 gol. Ia berada di urutan kelima sebagai pemain tertajam di divisi tertinggi Spanyol dan sudah memenangkan enam gelar La Liga.

Raul menghabiskan 16 tahun di ibukota Spanyol dan sudah menghadapi banyak tim yang berbeda dalam sepanjang karirnya. Ia sudah membobol gawang 35 tim yang berbeda di La Liga.

1. Lionel Messi (35)

Lionel Messi dianggap sebagai pemain terbaik di dunia saat ini. Ia melakukan debut bersama Barcelona pada tahun 2004 dan sejak itu selalu tampil di setiap musim La Liga.

Setelah mencetak 326 gol dalam 363 penampilan, La Pulga tercatat pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Spanyol. Sama seperti Raul, Messi juga sudah membobol gawang 35 tim yang berbeda di La Liga.

Messi mencetak satu gol saat El Barca menang 5-0 atas Las Palmas pada akhir pekan lalu dan Las Palmas adalah klub La Liga ke-35 yang telah dibobolnya. Messi diyakini tidak akan kesulitan untuk melewati rekor Raul tersebut untuk menjadi yang terbaik.