Rotasi Pemain Jadi Resep Rahasia Zinedine Zidane Taklukkan Sepakbola Eropa

Zinedine Zidane nyaris menurunkan semua pemain yang dia punya pada dua pertandingan terakhir Real Madrid. Rotasi jadi senjata Zizou menaklukkan Spanyol dan Eropa.

Dua laga terakhir yang dijalani Madrid adalah di Liga Champions menghadapi Napoli (menang 3-1) dan pada ajang La Liga dengan menjamu Espanyol (2-0). Ada 19 pemain berbeda diturunkan Zidane pada dua kesempatan tersebut.

Mereka yang diturunkan di kompetisi Eropa adalah Keylor Navas, Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos (diganti Pepe), Marcelo, Luka Modric, Toni Kroos, Casemiro, James Rodriguez (Vazquez), Karim Benzema (Alvaro Morata) dan Cristiano Ronaldo. Sementara skuat di laga dengan Espanyol terdiri dari Kiko Casilla, Carvajal, Varane, Pepe, Nacho (Marcelo), Kovacic (Casemiro), Kroos, Isco; Vazquez, Morata (Bale), dan Ronaldo.

Itu artinya cuma Ronaldo, Kroos, Carvajal, dan Raphael Varane yang main di dua pertandingan itu. Dikutip dari Marca, tinggal hanya ada lima pemain di skuat El Real yang sama sekali tidak merasakan bermain. Mereka adalah Ruben Yanez (kiper ketiga), Mariano, Coentrao, Danilo dan Asensio.

“Kami butuh kebugaran dari seluruh pemain untuk mencapai target-target kami,” ucap Zidane usai pertandingan saat ditanya soal rotasi yang dia lakukan.

Rotasi pemain sudah dilakukan Zidane sejak awal musim. Pelatih asal Prancis itu pernah mengklaim kalau kebijakan itu dapat dukungan penuh dari pemain-pemainnya. Termasuk Cristiano Ronaldo.

Perputaran pemain ala Zidane sejauh ini membawa efek sangat baik untuk Madrid. Mereka masih menguasai puncak klasemen La Liga, dan tampil meyakinkan di Liga Champions.